Materi Kewarganegaraan 1

HAKEKAT BANGSA DAN UNSUR-UNSUR TERBENTUKNYA NEGARA

Posted on: March 15, 2008

Kedudukan Manusia Dalam Masyarakat

Sebagai makhluk pribadi

— Punya sifat berbeda (unik)

— Punya kepribadian,kemandirian

— Punya hak menentukan langkah sendiri tanpa pengaruh orang lain

Sebagai makhluk sosial

— Untuk pemenuhan kebutuhan harus berinteraksi dengan orang lain. Mis: polisi diperlukan masyarakat untuk keamanan, siswa perlu guru agar bisa belajar

— Untuk bisa diterima maka orang harus mau menghilangkan egonya.

 

Apa itu Bangsa?

Bangsa (politis)

— Adalah kumpulan masyarakat yang membentuk suatu negara karena dipersatukan oleh cita-cita yang sama

Rakyat (sosiologis)

— Kelompok paguyuban yang secara kodrati ditakdirkan untuk hidup bersama dalam suatu negara karena persamaan nasib ( senasib sepenanggungan)

 

NASIONALISME?

Apa itu nasionalisme ?Munculnya kesadaran dari seseorang sebagai bagian dari suatu bangsa

Kenapa bisa muncul?

Sengsara karena dijajah oleh bangsa lain

Adanya kebanggaan yang meluap-luap sebagai suatu bangsa besar

Kapan nasionalisme mulai muncul di Indonesia?

1908 melalui BU (nasionalisme kultural)

1928 lewat Sumpah pemuda (nasionalisme politik)

 

NEGARA

Sifat hakekat negara

- sifat memaksa

-sifat monopoli

– sifat mancakup semua

 

Unsur unsur Negara

1.Rakyat

    orang yang diam dan berkumpul disuatu negara

    2. Wilayah

    bagian/tempat yang merupakan bagian tak terpisahkan dari negara

    - darat – udara

    - laut – wilayah ekstra teritorial

    3. Pemerintah yang berdaulat

    arti sempit : lembaga eksekutif (Pres dan kabinet)

    arti luas : semua badan yang berwenang mengelola negara, terdiri:

    - legislatif : DPR

    - eksekutif : Presiden

    - yudikatif : MA

    - eksaminatif(kontrol): BPK

    - konstitutif : MPR

    4. Pengakuan negara lain

    a. De facto (fakta/fisik)

    kenyataan berdirinya suatu negara.

    Bersifat :lemah, mudah berubah

    b. De jure (hukum)

    pengakuan secara tertulis dan resmi.

    Bersifat: kuat, permanen

     

     

    Bagaimana Negara Terbentuk?

    Pendekatan faktual (historis)

    — Memahami proses terjadi nya negara berdasar fakta sejarah :

    ¡ Pendudukan

    ¡ Fusi

    ¡ Cessie

    ¡ Penaikan (accesie)

    ¡ Aneksasi

    ¡ Proklamasi

    ¡ Pembentukan (innovasion)

    ¡ Separatisme

    Pendekatan Teoritis

    — Memahami proses terjadinya negara melalui teori yang dikemukakan oleh para ahli :

    ¡ Teori Ketuhanan

    ¡ Teori Perjanjian masyarakat

    ¡ Teori Kekuasaan

    ¡ Teori Hukum kodra

     

     

    BENTUK NEGARA

    KESATUAN

    — Adalah suatu negara merdeka dan berdaulat yang memiliki pemerintah pusat dan berkuasa mengatur seluruh wilayah.

    — Ciri-ciri :

    ¡ Mempunyai 1 UUD

    ¡ Mempunyai 1 presiden

    ¡ Hanya pusat yang berhak membuat UU

    — Untuk memerintah daerah, dibagi 2 sistem

    ¡ Sentralisasi, bila semua urusan diatur dan diurus pusat

    ¡ Desentralisasi, pemda diberi kekuasaan mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri (hak otonomi)

    SERIKAT (Federasi)

    — Disebut gabungan, suatu negara yang terdiri dari beberapa negara bagian yang tidak berdaulat. Kedaulatan tetap dipegang oleh pusat.

    — Ciri-ciri :

    ¡ Tiap negara bag punya 1 UUD, 1 lembaga legisltif

    — Masing-masing negara bagian msh memegang kedaulatan ke dalam, kedaulatan keluar dipegang pusat.

    — Aturan yang dibuat pusat tidak lgs bisa dilaksanakan daerah, hrs dgn persetujuan parlemen negara bagian

     

     

    BENTUK KENEGARAAN
    (dibentuk s/d abad 19)

    — Pada dasarnya negara ini sudah merdeka, dibentuk karena suatu tujuan tertentu, mis :

    ¡ Perserikatan negara

    ¡ Uni

    ¡ Dominion

    — Pada dasarnya negara ini belum merdeka,karena masih mendapat perlindungan dari negara lain, mis:

    ¡ Protektorat

    ¡ Mandat

    ¡ Trustee

     

    TUJUAN DIBENTUKNYA NEGARA

    — Shang Yang(532 – 428 SM)

    Tujuan dibentuk negara adalah untuk membentuk kekuasaan, demi kelangsungan sang raja pribadi

    — Niccolo Machiavelli (1429 – 1527)

    Tujuan dibentuk negara adalah membentuk kekuasaan yang mutlak, demi kebesaran bangsa dan negara

    — Dante Alleghieri (1265-1321)

    Tujuan negara adalah membentuk perdamaian dunia

    — Immanuel Kant (1724-1804)

    Tujuan dibentuk negara adalah untuk membentuk dan mempertahankan hukum agar hak dan kemerdekaan warga negara terpelihara dengan baik

    — Prof. Kranenburg

    Tujuan dibentuk negara adalah untuk mencapai kesejahteraan seluruh masyarakat

    About these ads

    51 Responses to "HAKEKAT BANGSA DAN UNSUR-UNSUR TERBENTUKNYA NEGARA"

    pak, yang di kewarganegaraan1 n kewarganegaraan2 ini keluar semua d bwt UAS nanti ga? ^^
    kykna kebanyakan d.. hehe..

    wah keluar semua atuh hehee… yang pentng dipahami aja.jangan dihapalin bisa meledak tuh otak.

    MAKASIH SUDAH ADAD HAKIKAT BERBANGSA & BERNEGra

    pak, saya dapt soal tentang “mengapa bangsa adalah unsur dari negara. bisa di jelaskan tidak?

    ya udah jelas kan, bangsa itu kan artinya rakyat yang merupakan unsur utama dari unsur terbentuknya negara.

    wah, bagus juga sdh terbentuk hakikat kewarganegaraan ini, semoga kedepan lebih baik

    za mesti namanya negara pasti ada masyarakat didalamnya

    Assalamu’alaikum….
    apresiatif banget’s atas oretan Anda Bung….
    semoga jasa baikmu mendapatkan balasan yang lebih baik….
    wassalamu’alaikum….

    hallo pak,, slm kenal.. mw ty nich tentang unsur pemerintahanyg berdaulat dan tentg pengakuan dr negara lain.. aku gk mudheng. tolong jalasin yach. mksh

    aslm..
    mksih atas ilmu’a…^-^

    makasih. . . ya. . .
    Udah ada Hakikat bangsa dan negaranya. .
    semoga jasa baikmu di balas dengan yang lebih baik. . .amiin…

    ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas

    wah, sangat membantu sekali bagi saya.

    mksih udah ada unsur terbentuknya negara…
    jd bs ngerjain tugas dech….

    thanks udah ada unsur” terbentuk_nya negara……..!!!!!!!!!!!!!!

    dangan bagini tugas w jadi capat selesai…………………

    mkcih dah nyediain web ky gini …aq jd mdah ngerjain tugas sekolah…

    -perGanTian Dan TerBentuKnya NegarA.
    -bentuk-BenTuk KenEgaraAn’ikAtan,KenNEgaRaAn, daN dAeraH Yg tDk memPunyAi PemeriNtahn Sndr.

    nice post !! sbener nya pkn bab ini buat anak saya, saya cm berusaha nyari bhn pelajaran gk cuma dr buku .. soalnya anak saya blm punya buku paketnya ^^

    Salam Pak, saya dapat soal, “apakah asas kepada bentuk pandangan mengenai negara”. Minta bapak tolong jelaskan ya. Makasih atas infonya ^_^

    Thankz dah nyediain web kaya gini.tugas aku jadi cepa selesai deh.

    thanks dah nyediain web hakikat dan negara. tugas aku jdi cpet selesai dech….

    sma aku jga
    thanks dah nyediain web hakikat dan negara. tugas aku jdi cpet selesai dech….

    makasih pak…
    saya ambil buat referensi

    Hehehe jd tertarik skali dgn pelajaran ppkn hehehe….. garax2 ad unsurnya w jd cpt tangkap ni dgn kalimat nya….. Thanks ya….

    makasih ku dah ngopi jadi tugas ku selsai

    makasih udah mmbuat knzp nii

    hy,, slam knal ajj ya,,

    Weww, keren2 bisa buat nambah ilmu nih…
    Thanks

    wes…, Bapak terkenal bwangt ne jadinny…
    seru pak buka website bapak.. pertanyaanny banyak.. Tapi saya yg jd murid bapak jd keleyengan blajrny, bnyk bgt pak.. itu ulangn keluar semua ne? mabok degh..^^

    Arigatou Gozaimsau~

    aq bener” berterimakasih karena butuh banget artikel ini.

    ^^

    keluarga besar bengkung juga ikut berterima kasih atas adanya web ini….

    thx …. atas wab materinya, jadi tambah semangat belajar nya :p

    makasih mas, terbantu

    wew okey bgt ne pak, bwt d”jd”n bahan microteaching q nanti. mudah dan cpt d fahami,thanks ye….

    bagus tuh.. perlu lebih ditingkatkan wawasan tentang kebangsaan untuk generasi muda

    WOW
    bagus,,, pas banget besok saya ada UTS Kewarganegaraan, jadi sekalian bisa untuk saya gunakan sebagai bahan belajar malam ini…..
    terima kasih ya……
    (((*_*)))

    hebat, pengetahuan saya belum sampai situ, jadi, bisa saya pelajari.

    terimakasih….

    emm mantap…….. :)

    dwuh senengnyya tugas bres jga
    thanks

    syukron,,, atas ilmunya,,, :)

    numpang copas ya buat tugas :D materinya bagus bagus jadi aku copas :D

    alhamdulillah ..
    semua tugas saya selesai dengan website ini .. terima kasih

    apik2………

    Makasih pakk, ini membantu saya menyelesaikan tugas :)

    akhirnya tugas aku ada juga
    maksih

    cukup membantu dlm ujian ku esok… thanks…

    mas wedang jahe

    alhamdulillah tugas saya jadi lebih mudah dgn website ini.. mksih.. :)

    . Thanks ea atas pelajaran’na dgn gnie saya bisa lebih mudah mnCari tugas” sekolah. . .
    ^,^

    trima kasih ya ..
    akhir nya aku dapat menemukan jawaban untuk tugas sekolah ku.. :)

    keren tuh informasi jdi tambah wawasan

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: